Jumat, 18 Maret 2011

cara upload lagu ke akun ziddu

0komentar
Definisi file sharing
File sharing adalah aktifitas di mana para pengguna internet dapat berbagi file
dengan pengguna internet lainnya dengan cara penyedia file terlebih dahulu
mengupload file ke komputer server dan kemudian para pengguna internet yang
lainnya dapat mendownload file tersebut dari komputer server.
Sekarang, sudah ada banyak situs web penyedia file sharing untuk upload dan download file seperti  rapidshare, 4 shared, mega upload serta ziddu yang akan di bahas disini. 
File Sharing Ziddu mempunyai kelebihan dibanding file sharing yang lain,kelebihannya antara lain ; ziddu 100 % gratis, tidak ada waktu menunggu untuk download file, serta dapat memberikan keuntungan uang bila file yang kita upload banyak di download orang dengan fasilitas "earn money"
ini penjelasan untuk "earn money" di ziddu (http://www.ziddu.com/howitworks.php)


Berikut cara daftar akun ziddu serta cara upload & download file di ziddu
  
akses ziddu.com maka akan langsung maksud ke website ziddu seperti di bawah ini



klik register dan lakukan registrasi
klik submit sampai proses registrasi berhasil dan notifokasi registrasi terkirim di email anda  


Sekarang kita tinggal mengupload file ke akun kita

klik browse dan tuju drive yg terdapat file yang akan kita upload

klik upload dan proses upload pun di mulai

setelah upload selesai dilakukan maka file yang di upload otomatis dimasukan ke my files


sekarang tinggal membagikan link download ke email teman kita


untuk melakukan download di ziddu tinggal melakukan akses dari link yang didapat, masukan kode verifikasi dan klik download...




 selesai...

Agar Blog di Temukan Oleh Search Engine

0komentar

Agar Blog di Temukan Oleh Search Engine

Salah satu dari tujuan kita membuat blog adalah untuk dibaca dan ditemukan oleh orang lain, blog yang sering dikunjungi tentu saja membuat kita senang. Namun bagaimana caranya agar blog kita bisa ditemukan dan dikunjungi ? banyak yang memberikan tips-tips untuk hal seperti ini.
Salah satu pemberi pengunjung terbesar adalah dari search engine, hal ini kamu pasti sudah tahu. Tapi bagaimana caranya agar blog bisa masuk ke search engine, mungkin kamu juga sudah tahu. Tapi kalau belum berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan.

Agar Blog di Temukan di Google

Agar blog kita bisa muncul di halaman pencarian Google, kita perlu mengundang Google untuk datang dan melihat-lihat blog kita, bagaimana cara mengundang Google ? dengan mengirim undangan. Kemana mengirimkannya ? Bagaimana caranya ?
Agar Google bisa datang ke blog kita perlu memberi tahu Google alamat blog kita, biar Google tidak salah alamat. Berikut ini cara mengundang Google atau orang barat menyebutnya mensubmit ke Google.
Pertama – SIGN IN ke GMAIL jika kamu belum, atau jika belum punya maka kamu bisa membuatnya. Mengapa harus membuat GMAIL ? karena akan memudahkan kita untuk mendapatkan beberapa layanan dari Google.
Kedua – klik pada link My Service di bagian atas layar GMail.
Ketiga – Klik pada Webmaster Tools, ini akan membawa kamu ke layanan Google WebMaster.
Keempat – isikan alamat blog pada kota Add Site, lalu klik tombol OK.
Kelima – Klik pada link Verify Your Site.
Keenam – pilih Add a Meta Tag pada ComboBox

Ketujuh – masuk ke Blogger > Layout > Edit Html, lalu cari tag pada layar kode dari Template. Copy kode dari Google WebMaster Tools dan Paste kan di atas Tag , lalu klik SAVE TEMPLATE.

Kedelapan – kembali kelayar Google Webmaster Tools, klik tombol Verify. Jika proses berhasil maka akan menampilkan layar summary, dan memberi tahukan bahwa kita telah berhasil.

Sampai disini berarti Blog kita telah siap untuk didatangi oleh Google, dan jika sudah di index akan masuk kedalam hasil pencarian di Google. Untuk bisa diindex mungkin kita harus menunggu beberapa hari. Setelah beberapa hari check lagi apakah Blog kita sudah diindex, dan kapan Google mengindexnya. Jika sudah berhasil maka akan terlihat seperti dibawah ini.

Penjelasan Fungsi My Service di GMail

Informasi ini bagi yang belum tahu beberapa layanan yang diberikan oleh Google. Jika kita mempunyai account GMail, maka kita bisa menggunakan beberapa layanan yang disediakan dari Google hanya dengan satu account tersebut.
Hal ini untuk memudahkan kita, hanya dengan satu kali login kita bisa mengakses ke beberapa layanan sekaligus. Dan kita bisa menghubungkan semua layanan tersebut pada satu account.

Macam-macam Layanan dari Google

Jika kita sudah membuat account GMail maka kita juga bisa membuat account untuk berbagai layanan lainnya. Apa saja layanan yang disediakan lewat account GMail ini ? untuk melihatnya kamu bisa mengklik pada link My service pada bagian atas layar GMail.

Selanjutanya kita akan dibawa ke halaman yang memberikan daftar berbagai layanan yang bisa digunakan. Semua layanan ini bisa kita gunakan, dan saling behubungan. Berikut penjelasan jenis layanan tersebut :

Adword – layanan dari Google untuk mempromosikan produk, website, blog atau apapun yang ingin kita promosikan.
Analytics - service ini untuk menganalisa dan mencatat statistik dari website atau blog yang kita miliki.
Blogger – service atau layanan untuk membuat weblog.
GMail – layanan email dari Google.
Groups – komunitas online untuk saling berbagi informasi sesuai dengan bidang yang diminati.
Picasa Web Albums – layanan untuk menyimpan dan mencari photo atau gambar secara online.
Reader – layanan untuk membaca dan mengambil halaman web tanpa harus mengunjungi web tersebut.
Talk – Instant Messenger dari Google
Web History – menyimpan informasi mengenai aktivitas kita selama online.
Webmaster Tools – layanan bagi para pemilik websit atau weblog.
Inilah beberapa layannan yang disediakan oleh Google dan bisa kita gunakan.

Update

GMail tampaknya mengubah lagi tampilannya, kita tidak bisa lagi melihat link-link yang dahulunya bisa kita lihat dibagian kiri atas. Namun kita tetap bisa mengakses berbagai layanan dari Google ini memalui Google Accounts.

Mencatat Perkembangan Blog

Jika sudah membuat blog, kita pasti ingin sejarah perkembangan blog kita bisa terekam dan tersimpan. Entah itu hanya sebagai kenang-kenangan, atau untuk tujuan yang lebih spesifik.
Kita pasti ingin tahu sudah sampai dimana perkembangan blog, sudah adakah yang mengunjungi ? dan dari manakah pengunjung yang paling banyak datang. Adakah tools-tools yang bisa digunakan untuk ini, tentu saja banyak. Baik yang gratisan ataupun yang bayaran.
Kita coba membahasnya satu persatu, dan tentu saja setiap tools ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri. Jadi terserah kamu nantinya mau memakai yang mana. Kita coba membahas tools yang satu ini dulu.

Google Analytics

Google Analytics juga merupakan salah satu layanan dari sekian banyak layanan yang diberikan oleh Google, Google Analytics adalah online tools yang bisa digunakan untuk mencatat dan menganalisa statistik website ataupun blog.
Google Analytics bisa digunakan mulai dari website berskala kecil sampai yang berskala besar, selain gratis Google Analytics ini juga relatif mudah untuk digunakan.
Jadi tidak menjadi masalah apakah blog yang kita buat hanya untuk bersenang-senang atau memang mempunyai tujuan khusus yang ingin dicapai, kita tetap bisa mengguankan Google Analytics ini.

Cara Mendaftar di Google Analytics

Sebelum bisa menggunakan online tools ini, terlebih dahulu kita harus mendaftar, untuk mendaftar kamu bisa mengklik di alamat Google Analytics ini. Lalu klik link dengan tulisan Sign Up Now, lalu kita akan dibawa menuju form pendaftaran.

Form ini untuk membuat account di Google Analytics, isikanlah semua data yang diminta. Jika sudah selesai klik pada tombol yang bertuliskan I accept. Create My Account. Dengan mengklik tombol ini berarti kita menyetujui semua syarat yang telah ditentukan.
Selanjutnya kita dibawa menuju halaman Getting Started – Improve your site and increase marketing ROI, klik pada tombol yang bertuliskan Sign Up >.
Lalu kita akan dibawa menuju layar Analytics: Getting Started – New Account Signup, jika pada halaman sebelumnya kita membuat account untuk contact person maka halaman ini untuk membuat account dari blog yang kita miliki.
Isikanlah data-data yang diminta seperti : Website’s URL: – alamat blog kita, Account Name: – terserah mau di isi apa, Time zone country or territory: – zona negara, Time zone: – zona waktu. Klik tombol Continue untuk melanjutkan.
Lalu kita dibawa menuju layar contact person, isilah dengan data diri, Klik tombol Continue untuk melanjutkan. Lalu akan muncul layar User Agrement, baca dulu jika kamu ingin tahu apa saja peraturannya, lalu pilih checkbox dibagian bawah yang bertuliskan Yes, I agree to the above terms and conditions klik tombol Create New Account.
Lalu kita akan dibawa menuju layar Analytics: Tracking Instructions, disini kita diminta untuk memasukkan kode yang disediakan kedalam blog. Jika kamu belum tahu dimana harus meletakkan dan bagaimana caranya, kita akan mempelajarinya dibawah ini.

Cara Meletakkan Kode Google Analytics di Blog

Kode yang disediakan oleh Google Analytics tersebut berguna untuk melacak dan mencatat semua informasi yang dibutuhkan oleh Google Analytics dari blog kita. Maka itulah kita diminta untuk menempatkannya di blog.
Untuk menempatkan kode dari Google Analytics : 1) copy seluruh kode tersebut ke clipboard (select all > CTRL+C), 2) SIG IN di blog yang kamu miliki, 3) Masuk ke layar Template lalu pilih tab Edit HTML.
Pada layar Edit Template carilah tag , jika kamu kesulitan untuk menemukannya kamu dapat menggunakan menu Find In This Page (CTRL+F) dari Firefox untuk mencarinya, jika sudah menemukannya paste-kan kode tadi di atas tag tersebut. Berikut ini contohnya :

Jangan lupa mengklik SAVE TEMPLATE untuk menyimpan perubahan, sampai pada proses ini kita telah berhasil mendaftar dan menempatkan kode dari Google Analytics.
Google Analytics sudah mulai bisa mengumpulkan data dan informasi dari blog kita, untuk melihat hasilnya kita bisa mengeceknya esok harinya. Karena Google Analytics ini biasanya baru akan memberikan laporan setelah 24 jam.
Sumber :http://belajar-yok.blogspot.com/search/label/Tutorial%20Blogsot
http://belajarblogger.wordpress.com/2008/10/17/agar-blog-di-temukan-oleh-search-engine/

Selasa, 01 Maret 2011

Faktor Linguistik Komputasional

0komentar

Penjelasan singkat tentang interaksi manusia dan komputer
Interaksi manusia dan komputer adalah suatu disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau interaksi diantara pengguna dengan sistem komputer maupun sistem yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sering juga diartikan sebagai ilmu yang mempelajari, merencanakan, dan merancang bagaimana komputer dan manusian bekerja sama dengan cara yang efektif. Designer Interaksi manusia dan komputer harus memikirkan bermacam-macam faktor, apa yang orang-orang inginkan dan harapkan, apa batasan fisik dan kemampuan seseorang mempengaruhi, bagaimana pengetahuan dan informasi mereka bekerja, dan apa kenyamanan dan hal yang menarik yang orang cari.
Ada beberapa faktor pendewasaan atau faktor pendukung didalam Interaksi manusia dan komputer. Faktor-faktor pendewasaan tersebut antaralain yaitu:
-          Faktor rekayasa perangkat lunak
-          Faktor kecerdasan buatan
-          Faktor linguistik komputasional
-          Faktor psikologi
-          Faktor multimedia
-          Faktor atropologi
-          Faktor ergonomik
-          Faktor sosiologi
-          Faktor Matematika
-          Faktor Bisnis
Didalam makalah ini kami akan menjelaskan secara singkat tentang Faktor linguistik komputasional.
Pengertian Faktor Linguistik Komputasional
Faktor linguistik komputasional adalah Peran bahasa yang digunakan sebagai antar muka agar user lebih mudah menggunakan sistem tersebut dan tidak terjadi kesalah pahaman di dalam menggunakannya. Dibutuhkan suatu komposisi bahasa yang sangat baik dan dapat dengan mudah dimengerti oleh user. Pengertian lain dari  Faktor linguistik komputasional adalah bidang interdisipliner yang berhubungan dengan statistik atau pemodelan berbasis aturan bahasa dalam perspektif komputasi. Pemodelan ini tidak terbatas pada bidang tertentu linguistik. Secara tradisional, linguistik komputasi biasanya dilakukan oleh para ilmuwan komputer yang khusus dalam penerapan komputer untuk pengolahan bahasa alami. Ahli bahasa Komputasi sering bekerja sebagai anggota tim interdisiplin, termasuk ahli bahasa (khusus terlatih dalam linguistik), ahli bahasa (orang dengan beberapa tingkat kemampuan dalam bahasa yang relevan dengan proyek tertentu), dan ilmuwan komputer. Secara umum, linguistik komputasi mengacu pada keterlibatan linguis, ilmuwan komputer, ahli dalam kecerdasan buatan, matematika, ahli logika, filsuf, ilmuwan kognitif, psikolog kognitif, psikolinguis, antropolog dan ahli saraf, antara lain.
Faktor linguistik komputasional berasal dari upaya Amerika Serikat pada 1950-an menggunakan komputer untuk secara otomatis menerjemahkan teks dari bahasa asing, jurnal ilmiah terutama Rusia, ke dalam bahasa Inggris. Sejak komputer dapat melakukan perhitungan aritmatika lebih cepat dan lebih akurat dari pada manusia, itu dianggap hanya masalah waktu yang singkat sebelum rincian teknis dapat dijaga yang akan memungkinkan mereka menunjukkan kemampuan luar biasa yang sama untuk memproses bahasa. Ketika mesin penerjemahan (juga dikenal sebagai terjemahan mekanik) gagal untuk menghasilkan terjemahan yang akurat , pemrosesan otomatis bahasa manusia diakui sebagai jauh lebih kompleks daripada yang awalnya diasumsikan. Faktor linguistik komputasional lahir sebagai nama bidang studi baru yang ditujukan untuk mengembangkan algoritma dan software untuk pengolahan data cerdas bahasa. Ketika kecerdasan buatan muncul di tahun 1960, bidang linguistik komputasi menjadi bahwa sub-pembagian kecerdasan buatan berurusan dengan tingkat pemahaman manusia dan produksi bahasa alam. Dalam rangka untuk menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lain, itu mengamati bahwa orang harus memahami tata bahasa kedua bahasa, termasuk morfologi (tata bentuk kata) dan sintaksis (tata bahasa struktur kalimat). Untuk memahami sintaks, orang harus juga memahami semantik dan leksikon (atau 'kosakata'), dan bahkan untuk memahami sesuatu dari pragmatik penggunakan bahasa. Jadi, apa yang dimulai sebagai upaya untuk menerjemahkan antara bahasa berevolusi menjadi disiplin yang ditujukan untuk memahami bagaimana untuk mewakili dan proses bahasa alami menggunakan komputer.
Faktor linguistik komputasional dapat dibagi menjadi bidang utama tergantung pada media bahasa yang sedang diproses, baik lisan atau tekstual dan atas tugas yang dilakukan, apakah bahasa menganalisis (pengakuan) atau sintesis bahasa (generasi). Ada beberapa pembahasan dimana sintesis dengan bagaimana bahasa lisan dapat dipahami atau dibuat dengan menggunakan komputer. Parsing dan generasi adalah sub-divisi linguistik komputasi masing-masing berurusan dengan mengambil bahasa terpisah dan meletakkannya bersama-sama. Terjemahan mesin tetap sub-divisi linguistik komputasi berurusan dengan memiliki komputer menerjemahkan antar bahasa.
Salah satu cabang ilmu komputer yang bertujuan untuk model komputasi kognisi manusia atau Komputasi linguistik dan teori telah menerapkan komponen sebagai berikut:
Human language is a most exciting and demanding puzzle
Teoritis faktor linguistik komputasionalmengambil isu dalam linguistik teoritis dan ilmu kognitif. Ini berkaitan dengan teori-teori formal tentang pengetahuan linguistik bahwa kebutuhan manusia untuk menghasilkan dan pemahaman bahasa. Hari ini teori-teori ini telah mencapai tingkat kerumitan yang hanya dapat dikelola dengan menggunakan komputer. ahli bahasa Komputasi mengembangkan model formal mensimulasikan aspek dari fakultas bahasa manusia dan menerapkan mereka sebagai program komputer. Program-program ini merupakan dasar bagi evaluasi dan pengembangan lebih lanjut dari teori. Selain teori-teori linguistik, temuan dari psikologi kognitif memainkan peran utama dalam simulasi kompetensi linguistik.
We teach computers to communicate with people
Terapan memfokuskan pada hasil praktis dari pemodelan menggunakan bahasa manusia. Metode, teknik, alat dan aplikasi di wilayah ini sering dimasukkan di bawah rekayasa bahasa istilah atau (manusia) teknologi bahasa. Meskipun ada sistem CL jauh dari mencapai kemampuan manusia, mereka memiliki kemungkinan aplikasi banyak. Tujuannya adalah untuk menciptakan produk-produk perangkat lunak yang memiliki pengetahuan tentang bahasa manusia. produk tersebut akan mengubah kehidupan kita. Mereka sangat dibutuhkan untuk meningkatkan interaksi manusia-mesin karena hambatan utama dalam beween interaksi manusia dan komputer adalah masalah komunikasi. komputer saat ini tidak mengerti bahasa kita tetapi bahasa komputer yang sulit untuk dipelajari dan tidak sesuai dengan struktur pemikiran manusia. Bahkan jika bahasa mesin memahami dan domainnya wacana sangat terbatas, penggunaan bahasa manusia dapat meningkatkan penerimaan perangkat lunak dan produktivitas penggunanya.
Friendly software should listen and speak
antarmuka bahasa alami memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan komputer dalam bahasa Perancis, Inggris, Jerman, atau bahasa manusia. Beberapa aplikasi dari interface tersebut query database, sistem temu kembali informasi dari teks, sistem pakar yang disebut, dan kontrol robot. kemajuan kini dalam pengakuan bahasa lisan meningkatkan kegunaan dari berbagai jenis sistem bahasa alami. Komunikasi dengan komputer menggunakan bahasa lisan akan berdampak abadi pada lingkungan kerja, benar-benar daerah baru aplikasi untuk teknologi informasi akan terbuka. Namun, bahasa yang digunakan harus dikombinasikan dengan moda komunikasi lainnya seperti menunjuk dengan mouse atau jari. Jika komunikasi multimodal tersebut akhirnya tertanam dalam sebuah model umum yang efektif kerja sama, kita telah berhasil dalam mengubah mesin itu menjadi mitra.
Machines can also help people communicate with each other

masalah komunikasi Jauh lebih tua dari antara manusia dan mesin adalah mereka di antara orang dengan bahasa ibu yang berbeda. Salah satu tujuan asli dari komputasi linguistik diterapkan selalu terjemahan sepenuhnya otomatis antara bahasa manusia. Dari pengalaman pahit para ilmuwan telah menyadari bahwa mereka masih jauh dari mencapai tujuan ambisius menerjemahkan teks tidak dibatasi. Namun demikian ahli bahasa komputasi telah menciptakan sistem perangkat lunak yang mempermudah kerja penerjemah manusia dan jelas meningkatkan produktivitas mereka. Kurang dari terjemahan otomatis sempurna juga bisa sangat membantu pencari informasi yang harus mencari melalui jumlah besar teks dalam bahasa asing.
Language is the fabric of the web

 Pesatnya pertumbuhan Internet dan munculnya masyarakat informasi menimbulkan tantangan baru yang menarik untuk teknologi bahasa. Meskipun media baru menggabungkan teks, grafik, suara dan film, seluruh dunia informasi multimedia hanya dapat terstruktur, diindeks dan navigasikan melalui bahasa. Untuk browsing, navigasi, penyaringan dan pengolahan informasi di web, kita membutuhkan software yang bisa di isi dokumen. Teknologi Bahasa untuk manajemen konten merupakan prasyarat yang diperlukan untuk mengubah kekayaan informasi digital menjadi pengetahuan kolektif. Para multilinguality peningkatan web merupakan tantangan tambahan bagi disiplin kami. Web global hanya dapat dikuasai dengan bantuan alat multibahasa untuk pengindeksan dan navigasi. Sistem informasi dan manajemen pengetahuan crosslingual akan mengatasi kendala bahasa untuk e-commerce, pendidikan dan kerjasama internasional.

Our discipline combines ambitious visions and realistic applications
 Kita masih belum tahu betul bagaimana orang memproduksi dan memahami bahasa. Namun pemahaman kita tentang mekanisme rumit yang mendasari pemrosesan bahasa manusia terus bertambah. Pemodelan mekanisme seperti pada komputer juga membantu kita untuk menemukan dan secara resmi menggambarkan sifat tersembunyi dari bahasa manusia yang relevan untuk setiap jenis pengolahan bahasa termasuk banyak aplikasi perangkat lunak berguna. Tujuan jangka panjang kami adalah pemahaman mendalam tentang bahasa manusia dan kuat aplikasi linguistik cerdas. Namun, bahasa bahkan saat ini teknologi penuh jalan pintas pintar dan teknik pengolahan dangkal dapat diubah menjadi produk perangkat lunak sangat dibutuhkan.
The young field's appeal is its diversity

Bagi banyak orang dan praktisi komputasi linguistik daya tarik khusus dari disiplin adalah kombinasi dari keahlian dari humaniora, ilmu alam dan perilaku, dan rekayasa. pendekatan ilmiah dan teknik-teknik praktis berasal dari linguistik, ilmu komputer, psikologi, dan matematika. Pada beberapa universitas subjek yang diajarkan dalam ilmu komputer selain itu milik linguistik atau ilmu kognitif. Selain itu ada sejumlah kecil tetapi terus berkembang program dan departemen yang didedikasikan sepenuhnya untuk linguistik komputasional.


Daftar pustaka

-          http://en.wikipedia.org/wiki/Computational_linguistics
-          http://tentanginformatika.blogspot.com/2011/01/posting-kedua.html
http://www.wisegeek.com/what-is-computational-linguistics.htm

Kamis, 10 Februari 2011

Pengertian dan Fungsi-Fungsi Manajemen

0komentar
A. Pengertian Manajemen (Definition of Management)
Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Kata manajemen mungkin berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare yang berarti “mengendalikan,” terutamanya “mengendalikan kuda” yang berasal dari bahasa latin manus yang berati “tangan”. Kata ini mendapat pengaruh dari bahasa Perancis manège yang berarti “kepemilikan kuda” (yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris ini juga berasal dari bahasa Italia.[1] Bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.Istilah manajemen, terjemahannya dalam bahasa Indonesia hingga saat ini belum ada keseragaman.
Selanjutnya, bila kita mempelajari literatur manajemen, maka akan ditemukan bahwa istilah manajemen mengandung tiga pengertian yaitu :
1. Manajemen sebagai suatu proses,
2. Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen,
3. Manajemen sebagai suatu seni (Art) dan sebagai suatu ilmu pengetahuan (Science)
Menurut pengertian yang pertama, yakni manajemen sebagai suatu proses, berbeda-beda definisi yang diberikan oleh para ahli. Untuk memperlihatkan tata warna definisi manajemen menurut pengertian yang pertama itu, dikemukakan tiga buah definisi.
Dalam Encylopedia of the Social Sience dikatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dengan mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.
Selanjutnya, Hilman mengatakan bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.
Menurut pengertian yang kedua, manajemen adalah kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen. Jadi dengan kata lain, segenap orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen dalam suatu badan tertentu disebut manajemen.
Menurut pengertian yang ketiga, manajemen adalah seni (Art) atau suatu ilmu pnegetahuan. Mengenai inipun sesungguhnya belum ada keseragaman pendapat, segolongan mengatakan bahwa manajemen adalah seni dan segolongan yang lain mengatakan bahwa manajemen adalah ilmu. Sesungguhnya kedua pendapat itu sama mengandung kebenarannya.
Menurut G.R. Terry manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata.
Manajemen juga adalah suatu ilmu pengetahuan maupun seni. Seni adalah suatu pengetahuan bagaimana mencapai hasil yang diinginkan atau dalm kata lain seni adalah kecakapan yang diperoleh dari pengalaman, pengamatan dan pelajaran serta kemampuan untuk menggunakan pengetahuan manajemen.
Menurut Mary Parker Follet manajemen adalah suatu seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain. Definisi dari mary ini mengandung perhatian pada kenyataan bahwa para manajer mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara mengatur orang-orang lain untuk melaksanakan apa saja yang pelu dalam pekerjaan itu, bukan dengan cara melaksanakan pekerjaan itu oleh dirinya sendiri.
Itulah manajemen, tetapi menurut Stoner bukan hanya itu saja. Masih banyak lagi sehingga tak ada satu definisi saja yang dapat diterima secara universal. Menurut James A.F.Stoner, manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dari gambar di atas menunjukkan bahwa manajemen adalah Suatu keadaan terdiri dari proses yang ditunjukkan oleh garis (line) mengarah kepada proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian, yang mana keempat proses tersebut saling mempunyai fungsi masing-masing untuk mencapai suatu tujuan organisasi.
B. Fungsi-Fungsi Manajemen (Management Functions)
Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Fungsi manajemen pertama kali diperkenalkan oleh seorang industrialis Perancis bernama Henry Fayol pada awal abad ke-20. Ketika itu, ia menyebutkan lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan. Namun saat ini, kelima fungsi tersebut telah diringkas menjadi empat, yaitu:
  1. Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.
  2. Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil.
  3. Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha
Sampai saat ini, masih belum ada consensus baik di antara praktisi maupun di antara teoritis mengenai apa yang menjadi fungsi-fungsi manajemen, sering pula disebut unsur-unsur manajemen.
fungsi-fungsi manajemen adalah sebagai berikut:
Planning
Berbagai batasan tentang planning dari yang sangat sederhana sampai dengan yang sangat rumit. Misalnya yang sederhana saja merumuskan bahwa perencanaan adalah penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan. Pembatasan yang terakhir merumuskan perencaan merupakan penetapan jawaban kepada enam pertanyaan berikut :
1. Tindakan apa yang harus dikerjakan ?
2. Apakah sebabnya tindakan itu harus dikerjakan ?
3. Di manakah tindakan itu harus dikerjakan ?
4. kapankah tindakan itu harus dikerjakan ?
5. Siapakah yang akan mengerjakan tindakan itu ?
6. Bagaimanakah caranya melaksanakan tindakan itu ?
Menurut Stoner Planning adalah proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran tadi.

Organizing
Organizing (organisasi) adalah dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau sejumlah sasaran.

Leading
Pekerjaan leading meliputi lima kegiatan yaitu :
• Mengambil keputusan
• Mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antara manajer dan bawahan.
• Memberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak.
Memeilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang ditetapkan.

Directing/Commanding
Directing atau Commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.

Motivating
Motivating atau pemotivasian kegiatan merupakan salah satu fungsi manajemen berupa pemberian inspirasi, semangat dan dorongan kepada bawahan, agar bawahan melakukan kegiatan secara suka rela sesuai apa yang diinginkan oleh atasan.

Coordinating
Coordinating atau pengkoordinasian merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarahdalam upaya mencapai tujuan organisasi.

Controlling
Controlling atau pengawasan, sering juga disebut pengendalian adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud dengan tujuan yang telah digariskan semula.
Reporting
Adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.

Staffing
Staffing merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap tenaga memberi daya guna maksimal kepada organisasi.

Forecasting
Forecasting adalah meramalkan, memproyrksikan, atau mengadakan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rancana yang lebih pasti dapat dilakukan.

Tool of Management
Untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan diperlukan alat-alat sarana (tools). Tools merupakan syarat suatu usaha untuk mencapai hasil yang ditetapkan. Tools tersebut dikenal dengan 6M, yaitu men, money, materials, machines, method, dan markets.
Man merujuk pada sumber daya manusia yang dimiliki oleh organisasi. Dalam manajemen, faktor manusia adalah yang paling menentukan. Manusia yang membuat tujuan dan manusia pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan. Tanpa ada manusia tidak ada proses kerja, sebab pada dasarnya manusia adalah makhluk kerja. Oleh karena itu, manajemen timbul karena adanya orang-orang yang berkerja sama untuk mencapai tujuan.
Money atau Uang merupakan salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan. Uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai. Besar-kecilnya hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan. Oleh karena itu uang merupakan alat (tools) yang penting untuk mencapai tujuan karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional. Hal ini akan berhubungan dengan berapa uang yang harus disediakan untuk membiayai gaji tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan dan harus dibeli serta berapa hasil yang akan dicapai dari suatu organisasi.
Material terdiri dari bahan setengah jadi (raw material) dan bahan jadi. Dalam dunia usaha untuk mencapai hasil yang lebih baik, selain manusia yang ahli dalam bidangnya juga harus dapat menggunakan bahan/materi-materi sebagai salah satu sarana. Sebab materi dan manusia tidaki dapat dipisahkan, tanpa materi tidak akan tercapai hasil yang dikehendaki.
Machine atau Mesin digunakan untuk memberi kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efesiensi kerja.
Metode adalah suatu tata cara kerja yang memperlancar jalannya pekerjaan manajer. Sebuah metode daat dinyatakan sebagai penetapan cara pelaksanaan kerja suatu tugas dengan memberikan berbagai pertimbangan-pertimbangan kepada sasaran, fasilitas-fasilitas yang tersedia dan penggunaan waktu, serta uang dan kegiatan usaha. Perlu diingat meskipun metode baik, sedangkan orang yang melaksanakannya tidak mengerti atau tidak mempunyai pengalaman maka hasilnya tidak akan memuaskan. Dengan demikian, peranan utama dalam manajemen tetap manusianya sendiri.
Market atau pasar adalah tempat di mana organisasi menyebarluaskan (memasarkan) produknya. Memasarkan produk sudah barang tentu sangat penting sebab bila barang yang diproduksi tidak laku, maka proses produksi barang akan berhenti. Artinya, proses kerja tidak akan berlangsung. Oleh sebab itu, penguasaan pasar dalam arti menyebarkan hasil produksi merupakan faktor menentukan dalam perusahaan. Agar pasar dapat dikuasai maka kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli (kemampuan) konsumen.
C. Tingkatan Manajemen (Manajemen Level).
Tingkatan manajemen dalam organisasi akan membagi tingkatan manajer menjadi 3 tingkatan :
1. Manajer lini garis-pertama (first line) adalah tingkatan manajemen paling rendah dalam suatu organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional. Dan mereka tidak membawahi manajer yang lain.
2. Manajer menengah (Middle Manager) adalah manajemen menengah dapat meliputi beberapa tingkatan dalam suatu organisasi. Para manajer menengah membawahi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan para manajer lainnya kadang-kadang juga karyawan operasional.
3. Manajer Puncak (Top Manager) terdiri dari kelompok yang relative kecil, manager puncak bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dari organisasi.
Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi.

Tingkatan manajer

Piramida jumlah karyawan pada organisasi dengan struktur tradisional, berdasarkan tingkatannya.
Pada organisasi berstruktur tradisional, manajer sering dikelompokan menjadi manajer puncak, manajer tingkat menengah, dan manajer lini pertama (biasanya digambarkan dengan bentuk piramida, di mana jumlah karyawan lebih besar di bagian bawah daripada di puncak). Berikut ini adalah tingkatan manajer mulai dari bawah ke atas:
  • Manejemen lini pertama (first-line management), dikenal pula dengan istilah manajemen operasional, merupakan manajemen tingkatan paling rendah yang bertugas memimpin dan mengawasi karyawan non-manajerial yang terlibat dalam proses produksi. Mereka sering disebut penyelia (supervisor), manajer shift, manajer area, manajer kantor, manajer departemen, atau mandor (foreman).
  • Manajemen tingkat menengah (middle management), mencakup semua manajemen yang berada di antara manajer lini pertama dan manajemen puncak dan bertugas sebagai penghubung antara keduanya. Jabatan yang termasuk manajer menengah di antaranya kepala bagian, pemimpin proyek, manajer pabrik, atau manajer divisi.
  • Manajemen puncak (top management), dikenal pula dengan istilah executive officer. Bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. Contoh top manajemen adalah CEO (Chief Executive Officer), CIO (Chief Information Officer), dan CFO (Chief Financial Officer).
Meskipun demikian, tidak semua organisasi dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan menggunakan bentuk piramida tradisional ini. Misalnya pada organisasi yang lebih fleksibel dan sederhana, dengan pekerjaan yang dilakukan oleh tim karyawan yang selalu berubah, berpindah dari satu proyek ke proyek lainnya sesuai dengan dengan permintaan pekerjaan.

Peran manajer

Henry Mintzberg, seorang ahli riset ilmu manajemen, mengemukakan bahwa ada sepuluh peran yang dimainkan oleh manajer di tempat kerjanya. Ia kemudian mengelompokan kesepuluh peran itu ke dalam tiga kelompok, yaitu:
  1. Peran antarpribadi
    Merupakan peran yang melibatkan orang dan kewajiban lain, yang bersifat seremonial dan simbolis. Peran ini meliputi peran sebagai figur untuk anak buah, pemimpin, dan penghubung.
  2. Peran informasional
    Meliputi peran manajer sebagai pemantau dan penyebar informasi, serta peran sebagai juru bicara.
  3. Peran pengambilan keputusan
    Yang termasuk dalam kelompok ini adalah peran sebagai seorang wirausahawan, pemecah masalah, pembagi sumber daya, dan perunding.
Mintzberg kemudian menyimpulkan bahwa secara garis besar, aktivitas yang dilakukan oleh manajer adalah berinteraksi dengan orang lain.

Keterampilan manajer

Gambar ini menunjukan keterampilan yang dibutuhkan manajer pada setiap tingkatannya.
Robert L. Katz pada tahun 1970-an mengemukakan bahwa setiap manajer membutuhkan minimal tiga keterampilan dasar. Ketiga keterampilan tersebut adalah:
  1. Keterampilan konseptual (conceptional skill)
    Manajer tingkat atas (top manager) harus memiliki keterampilan untuk membuat konsep, ide, dan gagasan demi kemajuan organisasi. Gagasan atau ide serta konsep tersebut kemudian haruslah dijabarkan menjadi suatu rencana kegiatan untuk mewujudkan gagasan atau konsepnya itu. Proses penjabaran ide menjadi suatu rencana kerja yang kongkret itu biasanya disebut sebagai proses perencanaan atau planning. Oleh karena itu, keterampilan konsepsional juga meruipakan keterampilan untuk membuat rencana kerja.
  2. Keterampilan berhubungan dengan orang lain (humanity skill)
    Selain kemampuan konsepsional, manajer juga perlu dilengkapi dengan keterampilan berkomunikasi atau keterampilan berhubungan dengan orang lain, yang disebut juga keterampilan kemanusiaan. Komunikasi yang persuasif harus selalu diciptakan oleh manajer terhadap bawahan yang dipimpinnya. Dengan komunikasi yang persuasif, bersahabat, dan kebapakan akan membuat karyawan merasa dihargai dan kemudian mereka akan bersikap terbuka kepada atasan. Keterampilan berkomunikasi diperlukan, baik pada tingkatan manajemen atas, menengah, maupun bawah.
  3. Keterampilan teknis (technical skill)
    Keterampilan ini pada umumnya merupakan bekal bagi manajer pada tingkat yang lebih rendah. Keterampilan teknis ini merupakan kemampuan untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu, misalnya menggunakan program komputer, memperbaiki mesin, membuat kursi, akuntansi dan lain-lain.
Selain tiga keterampilan dasar di atas, Ricky W. Griffin menambahkan dua keterampilan dasar yang perlu dimiliki manajer, yaitu:[5]
  1. Keterampilan manajemen waktu
    Merupakan keterampilan yang merujuk pada kemampuan seorang manajer untuk menggunakan waktu yang dimilikinya secara bijaksana. Griffin mengajukan contoh kasus Lew Frankfort dari Coach. Pada tahun 2004, sebagai manajer, Frankfort digaji $2.000.000 per tahun. Jika diasumsikan bahwa ia bekerja selama 50 jam per minggu dengan waktu cuti 2 minggu, maka gaji Frankfort setiap jamnya adalah $800 per jam—sekitar $13 per menit. Dari sana dapat kita lihat bahwa setiap menit yang terbuang akan sangat merugikan perusahaan. Kebanyakan manajer, tentu saja, memiliki gaji yang jauh lebih kecil dari Frankfort. Namun demikian, waktu yang mereka miliki tetap merupakan aset berharga, dan menyianyiakannya berarti membuang-buang uang dan mengurangi produktivitas perusahaan.
  2. Keterampilan membuat keputusan
    Merupakan kemampuan untuk mendefinisikan masalah dan menentukan cara terbaik dalam memecahkannya. Kemampuan membuat keputusan adalah yang paling utama bagi seorang manajer, terutama bagi kelompok manajer atas (top manager). Griffin mengajukan tiga langkah dalam pembuatan keputusan. Pertama, seorang manajer harus mendefinisikan masalah dan mencari berbagai alternatif yang dapat diambil untuk menyelesaikannya. Kedua, manajer harus mengevaluasi setiap alternatif yang ada dan memilih sebuah alternatif yang dianggap paling baik. Dan terakhir, manajer harus mengimplementasikan alternatif yang telah ia pilih serta mengawasi dan mengevaluasinya agar tetap berada di jalur yang benar.
 

Belajar Membuat Robot Sederhana Blogger Templates Designed by productive dreams | Free Wordpress Templates. presents HD TV Watch Futurama Online. Featured on Singapore Wedding Cakes. © 2011