Selasa, 01 Maret 2011

Faktor Linguistik Komputasional



Penjelasan singkat tentang interaksi manusia dan komputer
Interaksi manusia dan komputer adalah suatu disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau interaksi diantara pengguna dengan sistem komputer maupun sistem yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sering juga diartikan sebagai ilmu yang mempelajari, merencanakan, dan merancang bagaimana komputer dan manusian bekerja sama dengan cara yang efektif. Designer Interaksi manusia dan komputer harus memikirkan bermacam-macam faktor, apa yang orang-orang inginkan dan harapkan, apa batasan fisik dan kemampuan seseorang mempengaruhi, bagaimana pengetahuan dan informasi mereka bekerja, dan apa kenyamanan dan hal yang menarik yang orang cari.
Ada beberapa faktor pendewasaan atau faktor pendukung didalam Interaksi manusia dan komputer. Faktor-faktor pendewasaan tersebut antaralain yaitu:
-          Faktor rekayasa perangkat lunak
-          Faktor kecerdasan buatan
-          Faktor linguistik komputasional
-          Faktor psikologi
-          Faktor multimedia
-          Faktor atropologi
-          Faktor ergonomik
-          Faktor sosiologi
-          Faktor Matematika
-          Faktor Bisnis
Didalam makalah ini kami akan menjelaskan secara singkat tentang Faktor linguistik komputasional.
Pengertian Faktor Linguistik Komputasional
Faktor linguistik komputasional adalah Peran bahasa yang digunakan sebagai antar muka agar user lebih mudah menggunakan sistem tersebut dan tidak terjadi kesalah pahaman di dalam menggunakannya. Dibutuhkan suatu komposisi bahasa yang sangat baik dan dapat dengan mudah dimengerti oleh user. Pengertian lain dari  Faktor linguistik komputasional adalah bidang interdisipliner yang berhubungan dengan statistik atau pemodelan berbasis aturan bahasa dalam perspektif komputasi. Pemodelan ini tidak terbatas pada bidang tertentu linguistik. Secara tradisional, linguistik komputasi biasanya dilakukan oleh para ilmuwan komputer yang khusus dalam penerapan komputer untuk pengolahan bahasa alami. Ahli bahasa Komputasi sering bekerja sebagai anggota tim interdisiplin, termasuk ahli bahasa (khusus terlatih dalam linguistik), ahli bahasa (orang dengan beberapa tingkat kemampuan dalam bahasa yang relevan dengan proyek tertentu), dan ilmuwan komputer. Secara umum, linguistik komputasi mengacu pada keterlibatan linguis, ilmuwan komputer, ahli dalam kecerdasan buatan, matematika, ahli logika, filsuf, ilmuwan kognitif, psikolog kognitif, psikolinguis, antropolog dan ahli saraf, antara lain.
Faktor linguistik komputasional berasal dari upaya Amerika Serikat pada 1950-an menggunakan komputer untuk secara otomatis menerjemahkan teks dari bahasa asing, jurnal ilmiah terutama Rusia, ke dalam bahasa Inggris. Sejak komputer dapat melakukan perhitungan aritmatika lebih cepat dan lebih akurat dari pada manusia, itu dianggap hanya masalah waktu yang singkat sebelum rincian teknis dapat dijaga yang akan memungkinkan mereka menunjukkan kemampuan luar biasa yang sama untuk memproses bahasa. Ketika mesin penerjemahan (juga dikenal sebagai terjemahan mekanik) gagal untuk menghasilkan terjemahan yang akurat , pemrosesan otomatis bahasa manusia diakui sebagai jauh lebih kompleks daripada yang awalnya diasumsikan. Faktor linguistik komputasional lahir sebagai nama bidang studi baru yang ditujukan untuk mengembangkan algoritma dan software untuk pengolahan data cerdas bahasa. Ketika kecerdasan buatan muncul di tahun 1960, bidang linguistik komputasi menjadi bahwa sub-pembagian kecerdasan buatan berurusan dengan tingkat pemahaman manusia dan produksi bahasa alam. Dalam rangka untuk menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lain, itu mengamati bahwa orang harus memahami tata bahasa kedua bahasa, termasuk morfologi (tata bentuk kata) dan sintaksis (tata bahasa struktur kalimat). Untuk memahami sintaks, orang harus juga memahami semantik dan leksikon (atau 'kosakata'), dan bahkan untuk memahami sesuatu dari pragmatik penggunakan bahasa. Jadi, apa yang dimulai sebagai upaya untuk menerjemahkan antara bahasa berevolusi menjadi disiplin yang ditujukan untuk memahami bagaimana untuk mewakili dan proses bahasa alami menggunakan komputer.
Faktor linguistik komputasional dapat dibagi menjadi bidang utama tergantung pada media bahasa yang sedang diproses, baik lisan atau tekstual dan atas tugas yang dilakukan, apakah bahasa menganalisis (pengakuan) atau sintesis bahasa (generasi). Ada beberapa pembahasan dimana sintesis dengan bagaimana bahasa lisan dapat dipahami atau dibuat dengan menggunakan komputer. Parsing dan generasi adalah sub-divisi linguistik komputasi masing-masing berurusan dengan mengambil bahasa terpisah dan meletakkannya bersama-sama. Terjemahan mesin tetap sub-divisi linguistik komputasi berurusan dengan memiliki komputer menerjemahkan antar bahasa.
Salah satu cabang ilmu komputer yang bertujuan untuk model komputasi kognisi manusia atau Komputasi linguistik dan teori telah menerapkan komponen sebagai berikut:
Human language is a most exciting and demanding puzzle
Teoritis faktor linguistik komputasionalmengambil isu dalam linguistik teoritis dan ilmu kognitif. Ini berkaitan dengan teori-teori formal tentang pengetahuan linguistik bahwa kebutuhan manusia untuk menghasilkan dan pemahaman bahasa. Hari ini teori-teori ini telah mencapai tingkat kerumitan yang hanya dapat dikelola dengan menggunakan komputer. ahli bahasa Komputasi mengembangkan model formal mensimulasikan aspek dari fakultas bahasa manusia dan menerapkan mereka sebagai program komputer. Program-program ini merupakan dasar bagi evaluasi dan pengembangan lebih lanjut dari teori. Selain teori-teori linguistik, temuan dari psikologi kognitif memainkan peran utama dalam simulasi kompetensi linguistik.
We teach computers to communicate with people
Terapan memfokuskan pada hasil praktis dari pemodelan menggunakan bahasa manusia. Metode, teknik, alat dan aplikasi di wilayah ini sering dimasukkan di bawah rekayasa bahasa istilah atau (manusia) teknologi bahasa. Meskipun ada sistem CL jauh dari mencapai kemampuan manusia, mereka memiliki kemungkinan aplikasi banyak. Tujuannya adalah untuk menciptakan produk-produk perangkat lunak yang memiliki pengetahuan tentang bahasa manusia. produk tersebut akan mengubah kehidupan kita. Mereka sangat dibutuhkan untuk meningkatkan interaksi manusia-mesin karena hambatan utama dalam beween interaksi manusia dan komputer adalah masalah komunikasi. komputer saat ini tidak mengerti bahasa kita tetapi bahasa komputer yang sulit untuk dipelajari dan tidak sesuai dengan struktur pemikiran manusia. Bahkan jika bahasa mesin memahami dan domainnya wacana sangat terbatas, penggunaan bahasa manusia dapat meningkatkan penerimaan perangkat lunak dan produktivitas penggunanya.
Friendly software should listen and speak
antarmuka bahasa alami memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan komputer dalam bahasa Perancis, Inggris, Jerman, atau bahasa manusia. Beberapa aplikasi dari interface tersebut query database, sistem temu kembali informasi dari teks, sistem pakar yang disebut, dan kontrol robot. kemajuan kini dalam pengakuan bahasa lisan meningkatkan kegunaan dari berbagai jenis sistem bahasa alami. Komunikasi dengan komputer menggunakan bahasa lisan akan berdampak abadi pada lingkungan kerja, benar-benar daerah baru aplikasi untuk teknologi informasi akan terbuka. Namun, bahasa yang digunakan harus dikombinasikan dengan moda komunikasi lainnya seperti menunjuk dengan mouse atau jari. Jika komunikasi multimodal tersebut akhirnya tertanam dalam sebuah model umum yang efektif kerja sama, kita telah berhasil dalam mengubah mesin itu menjadi mitra.
Machines can also help people communicate with each other

masalah komunikasi Jauh lebih tua dari antara manusia dan mesin adalah mereka di antara orang dengan bahasa ibu yang berbeda. Salah satu tujuan asli dari komputasi linguistik diterapkan selalu terjemahan sepenuhnya otomatis antara bahasa manusia. Dari pengalaman pahit para ilmuwan telah menyadari bahwa mereka masih jauh dari mencapai tujuan ambisius menerjemahkan teks tidak dibatasi. Namun demikian ahli bahasa komputasi telah menciptakan sistem perangkat lunak yang mempermudah kerja penerjemah manusia dan jelas meningkatkan produktivitas mereka. Kurang dari terjemahan otomatis sempurna juga bisa sangat membantu pencari informasi yang harus mencari melalui jumlah besar teks dalam bahasa asing.
Language is the fabric of the web

 Pesatnya pertumbuhan Internet dan munculnya masyarakat informasi menimbulkan tantangan baru yang menarik untuk teknologi bahasa. Meskipun media baru menggabungkan teks, grafik, suara dan film, seluruh dunia informasi multimedia hanya dapat terstruktur, diindeks dan navigasikan melalui bahasa. Untuk browsing, navigasi, penyaringan dan pengolahan informasi di web, kita membutuhkan software yang bisa di isi dokumen. Teknologi Bahasa untuk manajemen konten merupakan prasyarat yang diperlukan untuk mengubah kekayaan informasi digital menjadi pengetahuan kolektif. Para multilinguality peningkatan web merupakan tantangan tambahan bagi disiplin kami. Web global hanya dapat dikuasai dengan bantuan alat multibahasa untuk pengindeksan dan navigasi. Sistem informasi dan manajemen pengetahuan crosslingual akan mengatasi kendala bahasa untuk e-commerce, pendidikan dan kerjasama internasional.

Our discipline combines ambitious visions and realistic applications
 Kita masih belum tahu betul bagaimana orang memproduksi dan memahami bahasa. Namun pemahaman kita tentang mekanisme rumit yang mendasari pemrosesan bahasa manusia terus bertambah. Pemodelan mekanisme seperti pada komputer juga membantu kita untuk menemukan dan secara resmi menggambarkan sifat tersembunyi dari bahasa manusia yang relevan untuk setiap jenis pengolahan bahasa termasuk banyak aplikasi perangkat lunak berguna. Tujuan jangka panjang kami adalah pemahaman mendalam tentang bahasa manusia dan kuat aplikasi linguistik cerdas. Namun, bahasa bahkan saat ini teknologi penuh jalan pintas pintar dan teknik pengolahan dangkal dapat diubah menjadi produk perangkat lunak sangat dibutuhkan.
The young field's appeal is its diversity

Bagi banyak orang dan praktisi komputasi linguistik daya tarik khusus dari disiplin adalah kombinasi dari keahlian dari humaniora, ilmu alam dan perilaku, dan rekayasa. pendekatan ilmiah dan teknik-teknik praktis berasal dari linguistik, ilmu komputer, psikologi, dan matematika. Pada beberapa universitas subjek yang diajarkan dalam ilmu komputer selain itu milik linguistik atau ilmu kognitif. Selain itu ada sejumlah kecil tetapi terus berkembang program dan departemen yang didedikasikan sepenuhnya untuk linguistik komputasional.


Daftar pustaka

-          http://en.wikipedia.org/wiki/Computational_linguistics
-          http://tentanginformatika.blogspot.com/2011/01/posting-kedua.html
http://www.wisegeek.com/what-is-computational-linguistics.htm

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Belajar Membuat Robot Sederhana Blogger Templates Designed by productive dreams | Free Wordpress Templates. presents HD TV Watch Futurama Online. Featured on Singapore Wedding Cakes. © 2011